Perbedaan Mesin Bubut CNC dengan Mesin Bubut Konvensional



Mesin Bubut adalah suatu Mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda yang diputar. Bubut sendiri merupakan suatu proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja.
Mesin bubut CNC (Computer Numerically Controlled) adalah mesin bubut modern yang telah diinstal dengan program CNC dalam proses oprasionalnya. Untuk menghasilkan benda kerja yang diinginkan, mesin bubut CNC memiliki tambahan motor servo yang mengontrol alat pahat mengikuti titik-titik yang telah dimasukkan kedalam sistem pemesinan sesuai perintah yang telah diprogram oleh komputer berbasis CNC (Computer Numerically Controlled).
Gambar mesin bubut CNC
Mesin bubut konvensional ini dapat kita temui pada usaha kecil menengah (UKM). Mesin ini dioprasikan secara manual oleh operator yang memiliki ketrampilan khusus. Mesin bubut konvensional membutuhkan ketelitian oprator dan pengecekan secara kontinyu untuk menghasilkan produk yang berkualitas.
Gambar mesin bubut konvensional
Tabel Perbedaan Mesin Bubut CNC dengan Konvensional
No
ITEM
Mesin Bubun CNC (Computer Numerically Controlled)
Mesin Bubut Konvensional
1
Investasi alat/harga
Mahal
Murah
2
Perawatan mesin
Mahal
Murah
3
Proses pengerjaan
Cepat
Relatif lama
4
Tingkat ketelitian pengukuran
Akurat
Kurang akurat
5
Pemeriksaan pengerjaan
Tidak perlu secara terus menerus
Harus terus dipantau
6
Tenaga kerja yang dibutuhkan
Ahli komputer
Tidak perlu ahli komputer

Komentar

  1. sewa tenda dome, rental tenda dome, matras, sleepingbag, peralatan outdoor, kompor lapangan

    Toko ScoutAddict Kediri
    Info WA. 081222165002


    sewa tenda kediri, rentas tenda kediri, sewa tenda pare, rental tenda pare, sewa tenda nganjuk, rental tenda nganjuk, sewa tenda blitar, rental tenda blitar, sewa tenda tulungagung

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer