Kasus Tentang JIS


KASUS JIS (Jakarta Internasional School)
Kasus jis adalah kasus pelecehan seksual kepada anak (pedofilia) yang dilakukan oleh sekolah jakarta internasional school. Pedofilia didefinisikan sebagai gangguan kejiwaan pada orang dewasa atau remaja yang telah mulai dewasa biasanya ditandai dengan seatu kepentingan seksual primer atau eksklusif pada anak prapuber.
Dalam mencari informasi di media-media online terkait kasus ini, saya menemukan ada 5(lima) keanehan. Berbagai keanehan itu bila ditelusuri bisa menjadi benang merah dalam mengungkap fakta yang lebih besar dari informasi yang telah muncul di publik.
Keanehan yang dilakukan pada kasus ini sebagai berikut: 
1.Tidak mempunyai izin oprasional
   Selain kejahatan seks yang terungkap ternyata TK JIS yang telah beroprasi semenjak 1993 diketahui.Tidak mempunyai izin oprasional, ini melanggar UU no 20/2003 (UU sestem pendidikan nasional) pasal 71
2.Ada buronan FBI pernah mengajar di JI
       Buronan FBI bernama wiliam james vahey selama empat dekade mengejar di berbagai sekolah swasta, termasuk di indonesia dari tahus 1992-2002. Vahey bunuh diri di luverne, minnesota, as, bulan lalu.
3.Tersangka pernah disodomi buronan FBI
    Buronan FBI vahey, sudah mengajar sejak tahun 1992-2002 untuk anak berusia 12 tahun, jadi kemungkinan para korbannya kini berumur 20-24 tahun mereka telah jadi korban sodomi vahey. Ada kemungkinan jadi homo seksual juga, yang berbaur di tengah-tengah masyarakat.
4.Terkesan menyembunyikan kasus
       Tindakan pelecehan seksual terhadap AK(lima tahun) itu sudah dilaporkan oleh orang tua murid kepada pihak sekolah. Tetapi tidak pernah mendapat tanggapan apapun dari pihak sekolah. Pihak sekolah malah berusaha menutupinya dan berusaha untuk tidak melaporkan kepada polisi.
5.Sistem keamanan sekolah
     Gambaran umum sistem keamanan sekolah di JIS kelihatan cukup memadai. Ada sekitar 400 cctv dipasang di berbagai sudut sekolah tersebut. Lorong ke toilet yang awal kejadian belum dipasang, pada kasus terungkap sudah dipasang dilokasi. Standart Oprational procedure (SOP) pengamanan pun baik. Pintu masuk juga berlapi-lapis. Bisa jadi, pihak sekolah JIS hanya cendrung menekan pengamanan aspek fisik ketimbang pengamanan bersifat menyeluruh bagi anak. Sistem keamanan terhadap aspek psikologis tidak ditemukan di TK JIS. Padahal, aspek psikologis salah satu syarat utama penyelengaraan suatu lembaga pendidikan.
Tanggapan dari berbagai pihak tentang kasus ini. 
1.Tanggapan dari IPW (Indonesia police watch) meminta polda metro jaya untuk segera menangkap dan menahan kepala sekolah taman kanak-kanak jakarta internasional school “sebab disekolah itu sudah terjadi dua kasus tindak pidana berat pertama, kekerasan seks terhadap anak. Kedua, mengoprasikan sekolah tanpa ijin, yang malanggar pasal 71 undang-undang tentang sistem pendidikan nasional. Dengan ancaman 10 tahun penjara atau denda 1 miliar”
2.Pemerintah menutup oprasional taman kanak-kanak jakarta internasional school pasca kekerasan seksual terhadap salah satu siswanya. Keputusan ini diambil setelah kementrian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) melakukan investigasi pada sekolah berlebel internasional tersebut “Rekomendasi ini diawali dengan soal administrasi karena pengoprasian TK JIS tidak sesuai izin yang ditentukan kemendikbud. Namun, rekomendasi penutupan ini juga diperberat ada kasus pelecehan seksual yang terjadi disekolah tersebut,”kata inspektur jendral kemendikbud haryono umar di jakarta kemarin.

Dalam kasus pelecehan seksual di sekolah JIS. Langkah orang tua untuk mencegah pelecehan seksual anak sebagai berikut:
1.Jangan berikan pakaian yang terlalu terbuka karna bisa menjadi rangsangan bagi tindakan pelecehan  seksual.
2.Ajarkan sikecil untuk tidak membuka baju ditempat terbuka, juga tidak buang air kecil selain dikamar mandi.
3.Jaga sikecil dari tayangan pornografi baik film atau iklan
4.Ketahui dengan siapa anak anda menghabiskan waktu dan temani ia saat bermain
5.Jangan membiarkan anak menghabiskan waktu ditempat-tempat terpencil dengan orang dewasa lain.
6.Jika menggunakan pengasuh, rencanakan untuk mengunjungu pengasuh anak anda tanpa pemberitahuan terlebih dahulu
7.Beritahu anak agar jangan berbicara atau menerima pemberian dari orang asing.
8.Dukung anak jika ia menolak dipeluk atau dicium seseorang (walaupun masih keluarga) anda bisa menjelaskan bahwa sikecil sedang tidak mood. Dengan begitu anak belajar bahwa ia berwewenangan atas tubuhnya sendiri.
9.Dengarkan ketika anak berusaha memberitahu anda sesuatu.
10.Berikan anak anada waktu cukup sehingga anak tidak akan mencari perhatian dari orang dewasa lain.

Pelecehan seksual yang terjadi disekolah JIS adalah secuil masalah yang banyak terjadi di JIS,”sekolah yang bertaraf internasional menjadi sekolah yang menanamkan budaya barat serta gaya hidup yang banyak bertentangan dengan agama serta bangsa.” Gagasan tersebut dibuktikan dari 50% guru disekolah JIS berasal dari luar indonesia itu membuktikan bahwa guru dari sekolah tersebut membawa budaya barat, dari kurangnya pembelajaran agama yang dianut guru tersebut. Dari sekolah-sekolah yang ada di jakara kebanyakan guru dan pegawai tersebut mempunyai budaya indonesia dan kokohnya pembelajaran agama yang dianutnya. Menurut saya, sikap seorang guru juga bisa menjadi sikap siswa kelak kedepannya. Ada beberapa kata yang menggatakan bahwa guru adalah orang tua di sekolah, oleh sebab itu guru. Harus mempunyai etika, budaya, agama dll untuk membimbing siswanya

Sumber Ilmu 
 Sumber Ilmu

Komentar

Postingan Populer