HOTSPOT



Pengertian Hotspot
Hotspot adalah sebuah wilayah terbatas yang dilayani oleh satu atau sekumpulan Access Point Wi-Fi standar 802.11 a/b/g/n. Pengguna bisa bebas masuk dan terhubung ke Access Point tersebut dengan menggunakan berbagai perangkat yang dilengkapi dengan perangkat wi-fi sebagai penangkap sinyal, seperti notebook, netbook, ataupun smartphone.
Hotspot biasanya terdapat di beberapa tempat umum, seperti Cafe, Mall, Sekolah, Kampus, dan bahkan Alun-Alun Kota. Access Point Wi-Fi yang digunakan pada sebuah area hotspot tidak dilakukan modifikasi pada sektor antena, hal ini bertujuan agar cakupan wilayah yang dijangkau oleh sinyal wi-fi tersebut tidak terlalu luas.

Jenis-Jenis Hotspot
Hotspot bisa saja dibagi menjadi beberapa macam, pengelompokkan ini berdasarkan kebutuhan si pemilik hotspot. Biasanya hotspot digunakan sebagai fasilitas plus-plus yang mendukung usaha sebenarnya dari pemilik. Misalnya hotspot di Cafe, fasilitas hotspot tersebut diadakan bertujuan untuk menarik minat calon pengunjung, tepatnya hotspot digunakan sebagai ajang promosi. Dan berikut beberapa jenis hotspot tersebut:

·         Hotspot Gratis
Hotspot gratis yaitu seperti yang telah kami sebutkan di atas, digunakan sebagai tambahan layanan umum, biasanya digunakan di rumah makan, hotel, Coffee Shop, Cafe. Biasanya dengan adanya hotspot gratis maka akan menaikan image dan tentunya akan semakin menarik konsumen tertentu untuk mengunjungi tempat tersebut.
·         Hotspot Berbayar ke Pemilik Gedung
Tidak semua tempat menyedian layanan wi-fi gratis di area hotspotnya. Terkadang di beberapa tempat si pengguna diharuskan untuk membayar ke si pemilik gedung atau si pemilik area hotspot. Sistem pembayarannya berbeda-beda, bisa harian, bisa bulanan, atau bisa juga setiap kali pemakaian perhitungannya menggunakan billing hotspot.
·         Hotspot Berbayar ke Operator
Sekarang sudah banyak operator besar yang menyediakan area hotspot bekerjasama dengan pemilik gedung. Contohnya saja operator speedy dengan wifi.id, user yang mengakses wifi.id tidak membayar ke gedung yang menyediakan akses wi-fi tersebut. Melainkan membayarnya langsung ke operator Speedy.

Perbedaan Hotspot dan Wifi

·         Wi-Fi adalah istilah umum yang digunakan dalam kasus nirkabel ketersediaan Internet sementara hotspot adalah jenis router atau perangkat fisik yang digunakan untuk menyediakan internet melalui teknologi nirkabel.
·         Wi-Fi itu sendiri adalah jenis penyedia layanan Internet sementara hotspot ada hanya sebuah titik akses.
·         Untuk beberapa Wi-Fi itu sendiri lebih aman dari hotspot karena dalam hotspot ada orang yang dapat mengakses internet dan dalam beberapa kasus dapat melihat pengguna lalu lintas juga.
·         Sinyal Wi-Fi dapat diakses hingga kisaran 20 meter atau 66 kaki sementara sinyal hotspot dapat diakses di kisaran 33 ft.
·         Dalam kasus banyak pengguna hotspot menyediakan kecepatan rendah dibandingkan dengan Wi-Fi.
·         Wi-Fi masih layanan internet dibayar di banyak lokasi sementara layanan hotspot yang sebagian besar gratis seperti yang ditawarkan untuk menyenangkan pelanggan atau pengunjung.
·         Layanan hotspot sebagian besar disediakan oleh perusahaan seluler atau telepon saat layanan Wi-Fi disediakan oleh penyedia layanan Internet daerah setempat.

Komentar

Postingan Populer