Hubungan Multimedia dan Pemanfaatan Internet
PENGERTIAN INTERNET
Internet berasal dari kata Interconnection Networking
dan mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem
jaringan mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur
telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya sehingga di
dalamnya menghubungkan situs-situs akademik, pemerintahan, komersial,
organisasi, maupun perorangan.
Internet mengacu pada istilah jaringan bukan aplikasi.
Internet tidak memiliki manfaat apabila tidak ada aplikasi yang sesuai dan bisa
digunakan untuk berbagai keperluan. Setiap aplikasi berjalan di atas protocol
tertentu. Istilah “protokol” di internet mengacu pada satu set aturan yang
megatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan.
Sejarah dan Perkembangan Internet.
Pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang
dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui
proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network),
di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software
komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang
tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk
jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya
semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol
baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control
Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk
keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US
Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar
dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah
bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi
terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 3 situs saja
yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara,
University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun
1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama
kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas
di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk
mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu
“MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk
keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan
akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan
menjadi Internet.
Pemanfaatan Internet
Era globalisasi saat ini merupakan salah satu dampak
perkembangan dalam bidang Teknologi Informasi(TI). Perkembangan TI tidak dapat
lepas dari teknologi komputer . Hal ini ditunjukkan oleh pesatnya
perkembangan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak
(software) serta aplikasinya dalam berbagai bidang seperti pendidikan,
dunia usaha dan perkantoran dsb. Salah satu perkembangan teknologi
komputer adalah teknologi jaringan komputer dan internet. Teknologi ini mampu
menyambungkan hampir semua komputer yang ada didunia sehingga bisa saling
berkomunikasi dan bertukar informasi. Bentuk informasi yang dapat ditukar dapat
berupa data teks, gambar,gambar bergerak dan suara.
Dengan adanya internet ini dunia menjadi terasa tanpa
batas ruang dan waktu. Dengan adanya internet ini segala bentuk informasi
menjadi semakin terbuka. Apa yang baru saja terjadi di berbagai belahan
dunia dapat diketahui dengan cepat di belahan dunia yang lain. Kecanggihan
teknologi sudah tersedia, dimana melalui teknologi internet kita dapat
memperoleh segala macam informasi dan komunikasi mulai dari informasi
pendidikan, politik, ekonomi,bahan riset, iklan, gaya hidup, belanja, hiburan
dsb yang menyangkut seluruh aspek kehidupan yang terjadi dan ada di seluruh
belahan dunia. Ketersediaaan pusat informasi yang dapat diakses dimanapun dan
kapanpun serta berisi tentang apapun yang kita ingin ketahui dan Internet
juga memungkinkan terbentuknya jaringan komunikasi multimedia yang begitu luas
ke seluruh dunia, alangkah sayang jika tidak termanfaatkan/tidak mampu
memanfaatkannya.
Dalam membangun SDM dunia pendidikan dituntut
untuk mampu mengikuti (Up date) perkembangan aplikasi IPTEK didunia Industri
agar lulusannya memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan
pasar. Dari fakta tersebut salah satu cara untuk mampu mengikuti
perkembangan IPTEK yang cepat adalah selalu aksese informasi yang up to date
dan semua itu dapat di dapat melalui internet.
Diera informasi ini provider provider sudah ada hampir
disetiap kota sehingga akses internet menjadi semakin murah dan terjangkau
didukung maraknya bisnis warnet yang hampir disetiap sudut bisa kita jumpai.
Oleh karena itu kemampuan mengakses internet sudah menjadi tuntutan kompetensi
diera global.
Pemanfatan
Internet Sebagai Sumber Belajar
Proses
Belajar adalah proses untuk merubah dari yang tidak tahu menjadi tahu. Maka
didalam belajar terdapat informasi informasi (pengetahuan) yang harus diberikan
kepada peserta didik. Untuk memperoleh informasi harus dicari dari sumber
sumber informasi. Salah satu sumber informasi adalah intrernet. Internet adalah
pusat informasi yang multi bidang. Semua aspek kehidupan baik yang berdampak
positif maupun negative dapat diakses dan diperoleh dari internet. Oleh karena
itu dalam pemanfaatan internet kita harus memiliki filter keimananan serta
moralitas yang baik untuk menyeleksi informasi yang akan kita peroleh. Beberapa
manfaat internet untuk kepentingan pembelajaran adalah:
1.
Pengembangan Profesional
a.
Meningkatkan pengetahuan
b.
Berbagi sumber informasi diantara rekan sejawat/
sedepartemen
c.
Berkomunikasi keseluruh belahan dunia
d.
Kesempatan untuk menerbitkan /mengumumkan secara
langsung
e.
Mengatur komunikasi secara teratur
f.
Berpatisipasi dalam forum dengan rekan sejawat baik
local maupun internasional .
2.
Sumber Belajar/Pusat Informasi
a.
Informesi media dan metodologi pembelajaran
b.
Bahan baku & bahan ajar untuk segala bidang
pelajaran
c.
Akses informasi IPTEK
d.
Bahan Pustaka/referensi
3.
Belajar sendiri secara cepat
a.
Meningkatkan pengetahuan
b.
Belajar berinteraktif
c.
Mengembangkan kemampuan di bidang penelitian
4.
Menambah wawasan, pergaulan, pengetahuan, pengembangan
karier
a.
Meningkatkan komunikasi dengan seluruh masyarakat lain
b.
Meningkatkan kepekaan akan permasalahan yang ada
diseluruh dunia
c.
Informasi beasiswa, lowongan pekerjaan, pelatihan.
d.
Hiburan dsb
Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh dari
internet sesuai kebutuhan informasi yang ingin diperoleh. NaAmun efek efek
negative internet pun harus diwaspadai seperti penyebaran virus komputer,
pornografi, plagiat, penipuan dan pencurian dsb. Segala fasilitas fasilitas
untuk memperoleh informasi sudah tersedia dii Internete, tergantung bagaimana
kita mampu memanfaatkannya untuk kebutuhan kita
PENGERTIAN MULTIMEDIA
1.
Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
2.
Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
(McComick, 1996)
3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau
output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks,
grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis
dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
(Robin dan Linda, 2001)
5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter
2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,
audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi,
berkreasi, dan berkomunikasi.
6.
Multimedia is the use of several different media to
convey information (text, audio, graphics, animation, video, and
interactivity). Multimedia also refers to computer data storage devices,
especially those used to store multimediantent (wikipedia.org).
Pemanfaatan
multimedia
1. Pendidikan
tutorial, ensiklopedia (misal: microsoft encarta, instruksional).
2. Informasi
pariwisata, museum, galeri seni.
3. Hiburan
games, seni, pertunjukan
4. Kedokteran
x-ray scanner
5. Periklanan
iklan televisi, bandara, kiosk, dll
Multimedia mampu
1. Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya
teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor.
Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
2. Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat
dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan
sendirinya.
3. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon
seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank
menggunakan cara online-banking.
4. Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai
menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya:
membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar
dari software dan masih banyak lagi.
5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan
komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
6.
Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan
televisi dan radio.
Keunggulan multimedia
1.
Menarik perhatian karena manusia memiliki keterbatasan
daya ingat
2.
Media alternatif dalam penyampaian pesan diperkuat
dengan teks, suara, gambar, video, dan animasi
3.
Meningkatkan kualitas penyampaian informasi
4.
Interaktif
Komentar
Posting Komentar