Konsep Dasar Multimedia
Dasar
Multimedia
Seperti yang
telah disebutkan pada artikel sebelumnya (Pengertian Multimedia), multimedia
adalah penggunaan komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar,
suara, animasi, atau bahkan video untuk ditampilkan untuk pengguna
komputer. Ada dua jenis multimedia yaitu: multimedia linear (tetap) dan multimedia
interaktif (dapat dikendalikan). Pada multimedia interaktif, pengguna diberikan
fasilitas untuk mengendalikan atau memainkan elemen-elemen multimedia yang
tersedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari
elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai/pengguna, maka Interactive
Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Contoh mudah multimedia linear adalah
media televisi. Dalam pemanfaatan televisi tidak terjadi suatu interaksi dari
pengguna untuk mampu mengendalikan objek multimedia yang dihasilkan. Sedangkan
multimedia interaktif yaitu pada game dan aplikasi dari komputer. Pengguna
diberikan fasilitas kontrol agar multimedia dapat berubah sesuai keinginan. Sedangkan
seorang atau sekelompok orang yang merancang dan membangun sebuah multimedia
disebut Multimedia Developer.
Tujuan Dasar
Multimedia
- Meningkatkan efektifitas penyampaian informasi
- Mendorong partisipasi, eksploitasi dan interaksi pemakai
- Merancang panca indra, karena bersifat visual
- Memberikan kemudahan pemakaian.
Elemen –
elemen Multimedia
Sebuah
multimedia yang baik dan mudah dipahami, dibutuhkan elemen-elemen yang mampu
menyampaikan sebuah informasi kepada pengguna multimedia tersebut. Elemen –
elemen tersebut antara lain :
1. Teks
Teks merupakan elemen multimedia yang paling sederhana
dan mudah dimengerti. Selain itu teks lebih mudah diolah, disimpan dan tidak
banyak memakai memori dalam sebuah media penyimpanan. Ada beberapa jenis media
teks antara lain plain text, rich format text, dan hyper
text. Plain Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk
kode ASCII.
·
Plain text tidak terenkripsi maupun
informasi yang di-embed di dalamnya.
·
Rich format text merupakan sekumpulan text yang
telah diformat. Karena telah diformat, RFT mampu menampilkan teks-teks dengan
format sederhana, seperti huruf tebal, huruf miring, paragraf, dan lain-lain.
·
Hypertext, biasanya text yang bersifat
saling terhubung (Linking), dan non linear, contohnya adalah HTML dan
XML
2. Animasi
Animasi adalah bentuk gambar yang bergerak. Dengan
menampilkan banyak gambar secara cepat, bergantian dan terus-menurus sehingga
menghasilkan efek sebuah gambar yang bergerak. Animasi lebih menarik dibanding
bantuk gambar atau grafik biasa.
3. Grafik
Grafik sangat baik dalam mengilustrasikan suatu
informasi. Grafik dapat berupa kurva, foto, hasil scanner maupun
bentuk gambar lain baik dua dimensi atau tiga dimensi. Berdasarkan
pembentukkaannya, jenis grafik terbagi dua macam yaitu:
·
Grafik Bitmap
Bitmap disusun sebagai sebuah matriks yang
mempresentasikan setiap titik atau pixel dan warna. Kualitas bitmap sangat
tergantung dari resolusi pixel dan ketajaman warna. Grafik dalam bentuk ini
sangat baik dalam penyimpan foto atau gambar yang rumit. Ukuran file bitmap
terkadang berukuran cukup besar karena grafik disimpan per pixel.
·
Grafik Vektor
Grafik vektor dibentuk dari hitungan matematika
sebagai dasar untuk menampilkan grafik. Grafik vektor terbentuk dari
susunan garis, bangun dua dimensi (persegi, elips, lingkaran) yang ditempatkan
secara matematis dengan koordinat, ukuran, ketebalan dan sudut. Grafik vektor
cenderung berukuran kecil dalam penyimpanannya. Selain itu apabila diperbesar
(zooming) , vektor tidak mengalami perubahan kehalusan grafik.
4.
Gambar
Gambar
merupakan suatu objek yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik (non
teks) atau konsep yang berbentuk kode yang tidak berelasi dengan waktu. Gambar
terbagi tiga jenis yaitu visible image, non visible image dan abstract
image.
·
Visible image: gambar yang terlihat seperti lukisan
, foto
·
Non visible image: suatu objek
yang bukan gambar namun dipresentasikan dalam bentuk gambar seperti pengukur
suhu, pengukur tekanan dan jenis pengukur lainnya
·
Abstrak: gambar yang tidak nyata, yang berbasiskan
perhitungan aritmatika
5.
Suara
Pengunaan
suara atau audio ke dalam aplikasi multimedia dapat memberikan informasi yang
tidak mungkin diberikan oleh media informasi seperti gambar, grafik ataupun
teks. Contohnya untuk menginformasikan bagaimana bunyi desiran angin tentu tidak
bisa didepskripsikan oleh teks. Ada tiga jenis suara yaitu ucapan (speech), musik
dan efek suara. Selain itu suara juga terbagi dua jenis formatnya yaitu MIDI dan
WAVE.
·
MIDI ( Musical Instrument Digital
Interface) merupakan jenis format suara yang berasal dari
instrumentasi alat musik. Namun jenis fomat MIDI tidak dapat memainkan atau
merekam bunyi atau suara yang alamin seperti suara manusia, suara tetesa air
dan lain-lain
·
WAVE merupakan jenis format musik atau suara berbasis
digital yang dapat merekam dan memainkan jenis suara apapun baik real
sound effect maupun suara dari manusia.
6. Video
Video seperti layaknya animasi namun video lebih
cenderung hasil karya dari adegan dunia nyata yang direkam secara langsung. Dalam
video terkandung juga elemen multimedia lainnya seperti gambar, suara dan
tulisan. Dibanding dengan elemen lainnya, video menyuguhkan informasi lebih
lengkap dan menarik.
Konsep Dasar Warna dalam Multimedia
1.
RGB (Red, Green,
Blue)
Warna RGB
adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi
gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer,
televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer
karena warna latar belakang komputer adalah hitam.
2.
CMYK ( Cyan Maggenta
Yellow Key)
CMYK (adalah
kependekan dari cyan, magenta, yellow-kuning, dan warna utamanya
(black-hitam), dan seringkali dijadikan referensi sebagai suatu proses
pewarnaan dengan mempergunakan empat warna) adalah bagian dari model pewarnaan
yang sering dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Namun ia juga dipergunakan
untuk menjelaskan proses pewarnaan itu sendiri. Meskipun berbeda-beda dari
setiap tempat pencetakan, operator surat khabar, pabrik surat khabar dan
pihak-pihak yang terkait, tinta untuk proses ini biasanya, diatur berdasarkan
urutan dari singkatan tersebut.
Komentar
Posting Komentar