Masih ada kata SOLID?

SOLIDARITY M FOREVER

Sebenarnnya gua masih belum tau makna dari solidarity m forever. Menurut kabar dari berbagai pihak arti solidarity m forever itu solid tanpa batas sehingga mampu menyatukan perbedaan dan menjalin kekompakan antar mahasiswa mesin se-indonesia. Dan ada juga yang mengartikan seperti ini solidaritas selamanya. Solid sendiri berarti padat, kuat atau keras. Secara harfiah dapat di artikan kesetia kawanan yang begitu kuat dan berlaku untuk selamanya. Namun banyak temen gua yang salah mengartikannya khususnya dalam perkulihaan contohnnya sebagai berikut :
1.   Misalkan ketika gua praktek lab mesin dasar dimana kelas gua terbagi 2 shift. Pada saat shift 2 pagi disuruh oleh asleb menggambar menggunakan autocad dan tulis tangan. pada saat shift 1 pagi yaitu kelas gua asleb bilang menggambar menggunakan autocad saja. Dimana pada saat menggumpulkan laporan asleb bilang “ko ga ada yang menggambar pake tangan?” trus 2 temen gua menggambil gambar tulisan tangan yang dikasih tau oleh shift 1. Selesai lab temen gua nyeletuk ahh lu ga solid. Gua berpikir apakah solid itu membatasi orang untuk menjadi sukses?
2.    Misalkan saja ketika ujian, ketika salah satu teman gua meminta contekan kepada gua. Trus ga gua kasih contekan, semena-mena dia berkata “katannya SOLID ..... mana Solidarity M Forevernya?” gua berpikir apakah Solid menyusahkan orang lain? Coba anda bayangkan mahasiswa yang pintar itu si hanif dan mahasiswa yang ingin menyontek itu pare, apa yang dilakukan pare adalah perbuatan yang kirannya benar, dan perbuatan hanif tidak ingin meracuni temannya sendiri dan dia, coba lu semua renungkan? Dengan si hanif memberikan contekan ke pare, secara tidak langsung membuat pare menjadi pribadi yang malas belajar. Seharusnnya si pare juga berpikir bila dia meminta contekan ke hanif maka akan mennyusahkan dia, seandainnya pada saat menyontek ketahuan dosen maka akan diambil kertas mereka berdua.
3.    Misalkan ketika gua lab teknik informatika, re bikinin gua laporan pendahuluan dong. Terus gua bilang gabisa nif gua lagi sibuk, dimana pada saat iru si hanif berkata ga SOLID lu... gua berpikir dalam hati apakah SOLID itu menyusahkan teman?. 

Kutipan dari seseorang yang misterius
Solidaritas yang sesungguhnya adalah menolong kesulitan sesama atau ikut merasakan apa yang di rasakan olehnya. Analogikan dengan sebuah mesin, apabila di dalam sebuah mesin kehilangan 1 bagiannya, katakanlah gear. Apakah mesin itu masih bisa bergerak? Mungkin di antara anda sekalian berkata “masih”. Tapi kita lihat lagi pergerakannya. Apakah bisa bergerak secara sempurna? Saya acungi jempol untuk anda yang bilang “bisa”.  Seperti itulah solidaritas, “All For One, One For All”!
Kesimpulan dari atas yang saya simpulkan
Bila arti kata solid seperti diatas maka anak jurusan teknik mesin tidak ada yang sukses dong?. Misalkan suatu ketika seseorang dari kelas kita mengalami kecelakaan pada kaki yang membuat dia tidak bisa berjalan, sedangkan dia ingin mengikuti UAS. Dimana bila tidak mengikuti UAS mendapat nilai E, sedangkan kutipan diatan berkata “ikut merasakan apa yang dirasakan olehnya”. berarti temannya tidak lulus juga dong?

Kesimpulan
Saya sampai saat masih belum dapat menyimpulkan apa itu SOLID? Tolong dijawab melalui komentar blog ini

Komentar

  1. gw setuju ree, solid itu bknnya menguntungkan salah satu pihak dan bkn merugikan satu pihak.yg ada kita sama2 berusaha solid dalam hal yg positif. bukan seenaknya mementingkan keegoisan dalam diri

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer